Review Film 'House of Hummingbird / 벌새 (2019)' + Spoiler

"어떻게 사는 것이 맞을까 어느날 알 것 같다가도 정말 모르겠어..."
"Bagaimana hidup dengan benar, suatu hari aku merasa tahu tapi sebenarnya aku tidak tahu..."



Film ini berjudul 'House of Hummingbird' atau disebut dengan '벌새 (beolsae)' dalam bahasa Korea, merupakan hasil garapan sutradara perempuan yang bernama Kim Bora, peraih penghargaan Best Director dalam Baeksang Art Awards 2020. Film ini mengangkat latar tahun 1994 di Seoul, menceritakan perjalanan kehidupan seorang siswi kelas dua SMP, Kim Eunhee (Park Jihu, 2003) yang melihat dunia dan mencari arti di setiap kejadian yang menimpanya. Melalui film ini, penonton diajak untuk melihat dunia dari sudut pandang Eunhee dan ikut merasakan setiap emosi yang dirasakan seorang siswi yang masih berumur 14 tahun itu. Cerita keluarga, cinta, persahabatan, semuanya lengkap ditampilkan dengan kesan mentah yang membuatnya semakin realistis.


Keluarga
Kim Eunhee, hidup dalam keluarga yang bisa dibilang tidak terlalu harmonis. Bahkan orang tuanya sering tidak acuh terhadapnya dan memperlakukannya tidak adil. Keluarganya hidup sederhana dari hasil penjualan kue beras di pasar. Eunhee memiliki seorang kakak laki-laki bernama Daehun (Son Sangyeon, 2001) dan seorang kakak perempuan bernama Suhee (Park Sooyeon, ).



Dalam keluarganya, selain mendapat perlakuan tidak adil dan tidak dipedulikan oleh orang tuanya, Eunhee juga mendapat kekerasan dari Daehun, kakaknya sendiri. Namun, Eunhee tidak pernah membalasnya, ia selalu menerima walaupun sebenarnya ia tak memiliki salah apa-apa. Mungkin memang anak laki-laki kala itu mendapat perlakuan spesial dari keluarga, sehingga Eunhee merasa tidak akan ada gunanya ia melawan karena bagaimanapun orang tuanya akan tetap berpihak pada Daehun. Daehun sendiri yang ditekan oleh kedua orang tuanya untuk bisa berkuliah di SNU, mungkin melakukan itu untuk melampiaskan perasaannya yang merasa tertekan atas tuntutan kedua orang tuanya.

Di sisi lain, kakak perempuan Eunhee yang bernama Suhee juga memiliki cerita tersendiri. Ia memiliki seorang pacar yang sering ia ajak ke rumahnya diam-diam. Eunhee yang menggunakan kamar yang sama dengan Suhee pun mau tak mau mengetahui kelakuan kakaknya dan justru sering membantunya lolos dari kedua orang tuanya.


Cinta
Eunhee memiliki seorang pacar yang bernama Jiwan. Mereka berdua sering bermain bersama dan terlihat saling menyayangi. Hingga akhirnya Jiwan (Jung Yoonseo, ) berkhianat pada Eunhee dan hubungan mereka pun menjauh.



Persahabatan
Di luar sekolah, Eunhee belajar karakter Cina (hanja) di sebuah tempat les. Disana ia memiliki seorang sahabat yang dekat dengannya. Mereka sering melakukan banyak hal bersama. Mungkin adanya persamaan keadaan keluarga membuat mereka dekat, hingga suatu hari mereka melakukan hal-hal yang tidak terpuji seperti datang ke klub dan mencuri. Kisah keduanya juga tak lepas dari konflik yang menyebabkan suatu hari mereka tak saling bertemu. Eunhee pun akhirnya berteman dengan adik kelas yang ia temui di klub yang ketika itu mengatakan bahwa ia menyukai Eunhee.




Selain itu, persahabatan juga terbentuk antara Eunhee dan gurunya les hanja yang bernama Kim Youngji (Kim Saebyeok, ). Saat Eunhee sedang bertengkar dengan sahabatnya, gurunya inilah yang menghibur Eunhee. Saat itu ia merasa bahwa hanya gurunya yang bisa mengerti dirinya, hingga ia menceritakan semua keluh kesahnya pada Youngji. Mereka berdua pun menjadi dekat. Hingga suatu hari hal yang tidak terduga terjadi terhadap Youngji yang membuat Eunhee sangat-sangat merasa kehilangan.


"힘들고 우울할 땐 손가락을 펴 봐! 그리고 움직이는 거야 아무것도 할 수 없는데 손가락은 신기하게도 움직여져!" 
 "Saat kau merasa kesulitan dan sedih cobalah lihat jari-jarimu! Lalu gerakkan mereka. Kau merasa tidak bisa apa-apa, tapi ajaibnya kau bisa menggerakkan jari-jarimu."

 ---

Watch the trailer here.
Watch full raw here.
English subtitle here.

---

Menurut saya, film ini banyak menyimpan pesan tersembunyi. Pesan yang harus kita cari dengan memaknai setiap adegan yang ditampilkan. Sutradara Kim Bora berhasil memperlihatkan berbagai macam emosi dalam film ini. Banyaknya jeda dan pengambilan gambar yang terkesan lama membuat orang-orang yang menontonnya akan terfokus pada cerita dan dapat terbawa suasana. Sentuhan musik pengiring di setiap scenes juga merupakan faktor penting dalam keberhasilan penggambaran emosi dalam film. Perlu juga saya sebutkan bahwa setiap detail suara yang disuguhkan seperti suara pintu terbuka, pintu terkunci, langkah orang, membuat film ini benar-benar terasa nyata. Memang pantas saja Kim Bora meraih penghargaan Best Director untuk film ini.

Selain itu, film yang mengambil latar 1994 tampaknya berhasil menggambarkan dengan baik tentang kenangan orang-orang yang hidup di masa itu. Terbukti setelah saya membaca banyak ulasan tentang film ini, banyak orang Korea yang mengatakan bahwa film ini membuat mereka kembali ingat tentang kenangan mereka di masa itu. Banyak juga yang merasa relate dengan karakter Eunhee dalam film.

Kekerasan, ketidakadilan, pengkhianatan, kehilangan, saya kira beberapa emosi tersebut merupakan hal yang lumrah dialami oleh setiap manusia. Film ini menggambarkan semuanya dengan sangat baik dan tidak secara blak-blakan, sehingga ketika kita melihat film ini pasti kita dapat menikmatinya dengan santai. Namun, setelah selesai menonton dan mengetahui pesan-pesan yang tersimpan di balik setiap adegan pasti akan membuat kita kaget dan merasa bahwa "OH FILM INI BAGUS!". Setidaknya itu yang saya rasakan hehe. Sebelumnya sama sekali tidak menemukan alasan mengapa film ini bisa menjadi favorit banyak orang termasuk banyak aktor dan aktris yang merekomendasikan. Setelah mencoba memahami dan mengerti bahwa ternyata film ini dekat dengan kehidupan di Korea, barulah saya paham :))

Bagi yang ingin ikut merasakan perjalanan kehidupan boleh sekali dicoba untuk menonton ini.
Recommended! Nilai 8/10.

"...다만 나쁜 일들이 닥치면서도 기쁜 일들이 함께 한다는 것, 우리는 늘 누군가를 만나 무언가를 나눈다는 것, 세상은 참 신기하고 아름답다."
"...Tapi bersamaan dengan kesulitan juga ada kebahagiaan, kita selalu bertemu orang lain dan berbagi sesuatu, dunia sungguh manakjubkan dan indah."



source photos https://movie.daum.net/moviedb/crew?movieId=124821

---

Connect with me:
- Twitter: @autumnxpearl
- Instagram: @sindyelf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film 'Bleak Night / 파수꾼 (2011)'

[ENG] ‘Voice 3’ Kim Wooseok “I was shocked too about Lee Jinwook death, Season 4? I will join definitely” [EN: Kim Wooseok Interview]

bluerosee99: Translations Archive