Dream Comes True: Super Show 8 in Jakarta

Hai halo!
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hari ini, tanggal 18 Januari 2020. Tepat satu minggu yang lalu, tanggal 11 Januari 2020, satu dari sekian mimpi saya terwujud. Salah satu mimpi yang selama ini tidak pernah saya duga akan dapat terwujud. Mimpi untuk datang ke konser Super Junior yang bertajuk Super Show. Sudah sekitar delapan tahun saya menghabiskan masa kecil(?)/muda(?) sebagai fan dari grup legendaris asal Korea Selatan ini. Sejak tahun 2012 dan hampir setiap ada Super Show World Tour saya meminta izin pada orang tua saya untuk bisa ke Jakarta hehe. Hingga tahun 2015 ada saat dimana saya sangat sedih mendengar jawaban dari orang tua saya yang menolak memberi izin, lalu saya membuat suatu postingan di blog yang dulu dibuat untuk tugas mata pelajaran TIK ketika SMP. Ingin rasanya tertawa membaca kembali isi postingan itu. Oh, saya pernah sesedih itu karena tidak bisa menonton Super Show. Oh, ternyata memang tulus sekali saya sayang kepada grup ini.

Lima tahun setelahnya, tepat tahun ini 2020, sebuah keajaiban datang tak terduga. Pengumuman Super Show 8 Jakarta kala itu diunggah sekitar 2019 bulan Desember awal. Langsung saya sangat excited untuk menghadirinya setelah sebelumnya gagal mendapat izin untuk Super Show 7S, konser encore Super Show 7. Padahal SS7S itu sangatlah spesial karena hanya diselenggarakan di dua negara, yakni negara asal mereka Korea Selatan dan Indonesia. Namun, ya sudah karena memang belum rejekinya jadi saya bersabar saja yakin bahwa pasti ada kesempatan lainnya. Benar saja, ketika Super Show 8 di Jakarta resmi diumumkan, saya langsung meminta izin (lagi) kepada orang tua saya. Guess what? Untuk pertama kalinya, jawaban yang saya dengar adalah "Ya."

Wow, saya benar-benar kaget dan tidak bisa berkata-kata lagi ketika mendengar jawaban itu. Menangis? Iya. Apalagi ketika mendengar kalimat setelahnya, "Kamu sudah besar, dua puluh tahun, sudah seharusnya tahu apa yang baik dan buruk buat kamu. Sudah seharusnya bisa memilih sendiri." Seketika saya sudah tidak bisa menahan air mata lagi. Seketika itu juga saya sadar, selama ini tidak pernah diberi izin ya karena memang orang tua saya sayang sama saya. Memang belum saatnya. Saat itu memang kurang lebih satu bulan setelah ulang tahun saya yang ke-20. Benar-benar mengharukan sekali. Saya langsung pergi ke kamar saat itu karena tidak sanggup lagi untuk tidak menangis. Hehehe. I am not a person who easily cry though, but yeah my mom words hit me so hard that day.

Ok, singkat cerita, saat itu tanggal 6 Desember 2019. Hari dimana tiketing untuk Super Show 8 dibuka. For the first time in my life, saya dengan perasaan deg-degan dan tangan gemetar, mencoba untuk tiketing sendiri. Nekat banget sih itu, tanpa ada pengalaman sama sekali, tanpa ada pengetahuan sama sekali, dan tanpa persiapan. Iya, tanpa persiapan. Bayangkan saja, itu saya sama sekali belum mengantongi izin dari kakak saya untuk menonton. Padahal uang tabungan konser saya ada di rekening kakak :) Iya, waktu itu kakak masih tidak mau saya menonton konser. Memang protective sekali kakak saya satu ini hehe. Akhirnya, ya sudah saya tidak dapat tiket yang saya inginkan, tribun L/F. Bukan karena uang ya, karena memang sudah sold out.

Beruntung saya punya banyak teman (both online and real life friends) yang selalu supportive mendukung saya untuk bisa menonton konser. Mereka langsung menghubungi saya menanyakan kabar tiket, dan ya tentunya saya jawab belum dapat. Ok, sudah setengah pasrah. Lagi-lagi saya hampir putus asa, hampir mengubur kembali harapan untuk menonton konser tersebut. "Gapapa, udah biasa juga melewatkan kesempatan Super Show," saya berucap dalam hati. Namun, teman-teman saya tetap menawarkan banyak solusi. Mulai dari selalu mengirim info jika ada yang menjual tiket, maupun yang selalu mendoakan saya untuk segera mendapat tiket hehe. Love you all!

Antrian sebelum masuk ke website tiketing.
Failed karena sold out.

Hingga akhirnya di suatu siang yang cerah, ada chat masuk dari salah satu teman online menanyakan apakah sudah ada tiket untuk Super Show 8. Sama seperti chat biasanya, tentu saya jawab belum lalu menceritakan kronologi bagaimana saya tidak dapat tiket saat tiketing. Kemudian teman saya itu menawarkan diri untuk membantu tiketing jika tiba-tiba ada section yang saya inginkan (tribun L/F). Tanpa ragu saya memberikan data-data untuk tiketing. EH TERNYATA! Dia berbohong mau memberi bantuan, tapi malah membelikan saya tiket section lain! HUHU AUTO NANGIS DONG SAYA! Tidak tahu atas dasar apa Allah swt. memberikan saya keajaiban seperti ini. Tidak tahu mengapa dan bagaimana saya bisa berkenalan dengan teman sebaik ini bagaikan malaikat penolong. Entah. Sampai saat ini pun saya tidak percaya semua ini terjadi huhu.

For you my precious friend, I love you so so so much! If it's not you I might miss my chance to reach my dream again this time. Sudah tidak tahu lagi bagaimana harus bilang terima kasih. I wish only happiness for you and everything goes well. Akan selalu berdoa semoga Allah swt. yang akan membalas kebaikan kakak. I am so happy to know you really. I am so happy to meet you. Thank you so much for making me happy! I am not good at expressing something through words, but hopefully you can feel it! How I really grateful to have you. Love <3

Duh, tidak tahu lagi. Itu sangat chessy, I am sorry.

Ok skip!

---

Oh ya, untuk perjalanan SS8 ini saya sudah membuat vlog dan mengunggahnya di kanal YouTube saya. Video tersebut bisa dilihat di sini!

Untuk Super Show 8 ini saya berangkat bersama dengan rombongan ELF Jogja dan @kpoptripjogja. Kebetulan salah satu owner trip ini ELF juga dan kami sering bertemu jadi ya sangat nyaman ikut trip-nya hehe. Kami berangkat tanggal 10 Januari 2018, berkumpul di daerah Balai Kota Yogyakarta pada pukul 16.00 WIB. Cuaca saat itu mendung, tapi untung saja tidak hujan ketika kami berkumpul. Hujan mulai turun saat kami sudah di perjalanan, suasana sangat mendukung sekali untuk saya merenung bagaimana semua ini bisa terjadi wkwk. Lengkap dengan lagu 'Somebody New' yang terputar di bus sebagai background music.

Pemberhentian bus pertama ada di daerah Kendal, di sebuah restoran untuk kami transit makan dan salat. Setelah semuanya selesai, bus langsung melaju menuju Jakarta. Sekitar pukul 04.00 WIB pagi tanggal 11 Januari 2020, kami sampai di sebuah restoran juga untuk transit mandi dan persiapan sebelum menuju venue. Pukul 07.00 WIB akhirnya kami berangkat menuju ICE BSD, tempat dimana konser Super Show 8 diselenggarakan. Sepanjang perjalanan menuju ICE, pihak trip membagikan handbanner dan mengundi giveaway. Suasana saat itu sangatlah seru. Secara pribadi saya selalu membayangkan bagaimana rasanya berada dalam satu bus dengan teman sesama fandom dan full music Super Junior sepanjang hari. Ternyata memang sangat menyenangkan. Terima kasih @kpoptripjogja atas pengalaman ini.

Sampai di venue, sekitar pukul 08.30 WIB, sarapan langsung dibagikan kepada peserta trip. Kami pun makan bersama di pinggiran jalan haha karena memang saat itu tempat parkir belum dibuka. Saat makan, dibagikan juga air minum dan totebag bertuliskan Super Show 8. Wow, saat itu saya kembali merasa ini semua ternyata bukan mimpi. Setelah selesai makan, kami akhirnya masuk ke area ICE. Saat itu saya belum menukarkan e-voucher tiket, jadi sekitar pukul 09.00 WIB setelah saya puas berfoto di depan entrance gate bersama dengan seorang teman saya, saya segera menuju ke ticket booth yang terletak di dekat entrance gate tiket section Infinite dan Time. Sebelumnya, padahal saya sudah was-was bagaimana kalau antri penukaran tiket sangat panjang? Bagaimana kalau sampai waktu konser belum selesai menukarkan tiket? Ah, ternyata saya hanya terlalu banyak khawatir. Semua yang saya takutkan ternyata tidak ada. Antrian tiket sama sekali tidak panjang. Saya lega.

Setelah selesai urusan dengan tiket, saya berdua dengan teman saya mencari tempat untuk duduk menunggu waktu gate dibuka. Di selang waktu itu juga kami berputar sebentar mencari freebies yang memang akhirnya kami tidak dapat banyak hehe. Kemudian sekitar jam 10-an kami mencari toilet dan ternyata hanya ada satu toilet yang tersedia. Toilet tersebut ada di basement dan antriannya sangatlah panjang. Bahkan lebih panjang dari antri penukaran tiket. Akhirnya kami berdua menghabiskan waktu menunggu disana untuk mengantri toilet wkwk. Sekitar pukul 10.50 WIB kami kembali ke depan gate dan orang-orang sudah mulai berbaris untuk masuk. Entrance gate dibuka pukul 11.00 WIB.

Entrance gate SJ - ELF

Setelah masuk ke holding area hal pertama yang saya lihat adalah antrian ELF section Festival S di sebelah kiri sedangkan di sebelah kanan ada photobooth dan banyak stand makanan minuman, serta tentunya ada stand dari Mie Sedaap lengkap dengan standee Siwon yang memang sedang menjabat(?) sebagai brand ambassador. Saya dan teman saya langsung menuju ke barisan ELF Festival S. Masih sekitar satu setengah jam sebelum gate ke concert hall dibuka, yaitu pukul 13.00 WIB. Di holding area tersebut terdengar jelas suara member Super Junior sedang check sound. Lagi-lagi saya merasa ditampar bahwa ini semua bukan mimpi hehe.

Holding Area

Singkat cerita, akhirnya jam sudah menunjukkan pukul 13.00 WIB. Concert hall gate sudah mulai dibuka. Akhirnya ELF pun mulai masuk sesuai dengan section masing-masing. Antrian masuk ke dalam concert hall dibuat mengular. Ketika itu benar-benar saya sangat merasa bahagia dan excited sekali sampai saya rasa tidak sedetik pun senyum hilang dari bibir. Sepertinya saya belum pernah merasa sebahagia itu sebelumnya. Bukan main-main, tapi ini sebuah mimpi yang menjadi kenyataan!

Saya masuk. Melihat layar LED besar yang bertuliskan Super Junior World Tour Super Show 8, sangat cantik dengan aksen merah dan biru. Ingin rasanya menangis, tapi rasanya akan sangat memalukan hehe. Ketika kami masuk jam menunjukkan sekitar pukul 13.30 WIB. Masih lama untuk menunggu konser dimulai, yakni jam 15.00 WIB. Kami menghabiskan waktu menunggu tersebut sambil berfoto, berkenalan, menyanyi mengikuti lagu yang diputar, dan banyak lagi. Saat itu, tiket saya adalah standing yang berarti mengharuskan saya berdiri selama kurang lebih tiga jam lamanya. Namun, beruntung area Festival S tidak begitu padat jadi masih luang untuk berpindah-pindah tempat agar tidak terlalu capek berdiri di tempat.

Di waktu sela menunggu konser dimulai, saya berkenalan dengan seorang kakak ELF yang berasal dari Jakarta. Kakaknya sangat baik hingga mau meminjamkan saya lightstick selama konser. Entah ini keajaiban macam apa lagi, tapi saya benar-benar tidak menyangka semuanya berjalan indah seperti ini. Untung kami sempat bertukar kontak, semoga lanjut terus komunikasi, ya. Terima kasih banyak, kak.

Akhirnya jam menunjukkan pukul 15.00 WIB. Lagu pembuka Indonesia Raya. Kami semua yang ada di tempat konser pun kompak menyanyikan national anthem Indonesia itu. Rasanya sudah lama sekali saya tidak menyanyikannya wkwk. Setelah itu mulai terdengar lagu yang sangat sakral bagi SJ-ELF, ya benar 'Superman'! Merupakan salah satu impian terbesar saya untuk bisa menyanyikan Superman dan fanchant bersama dengan ELF lainnya. Benar-benar impian saya berada di tengah lautan Sapphire Blue. Itu semua terwujud dalam satu waktu! My dream comes true! T_T

Konser berjalan sangat sangat seru dan sesuai ekspektasi saya, atau bahkan mungkin lebih. Pokoknya konsernya sangat luar biasa! Selama konser saya hanya bisa diam di satu waktu, kemudian lanjut hype lagi, kemudian terdiam lagi, dan hampir menangis mendengar Yesung berbicara:( Suara yang selama ini cuma saya dengar di lagu dan video akhirnya dapat saya dengar secara langsung. Apalagi suara high note dan adlibs Yesung di setiap lagu yang dinyanyikan... ahh bahagia sekali rasanya. Yesung, I finally can see you! I finally can listen to your beautiful voice live! I finally can cry over your voice! Thank you for become a singer.

Konser yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam itu berakhir sangat cepat bagi saya. Hingga akhirnya tiba di bagian encore dimana kami, ELF Indonesia, membuat project menyanyikan lagu 11 Januari. Ahhh sangat menyenangkan bisa bersama membuat project itu sukses. Alhamdulillah, semua project yang disiapkan oleh @elfindonesiacom berjalan lancar dan sukses. Bahkan noticed langsung oleh para member. Terima kasih ELF Indonesia!

Lagu encore terdiri dari 'Show' dan 'Too Many Beautiful Girls', serta diakhiri dengan ment terakhir dari para member. Banyak sekali moment berkesan pada saat konser. Saya juga berusaha keras untuk tidak melewatkan satu pun moment di hari itu dengan merekam semua performance mereka dengan ponsel. Walaupun tidak semua full lagu lengkap terekam, setidaknya ada kenangan dan sesuatu yang bisa saya lihat untuk mengenang hari itu. Semua fancam sudah saya unggah di akun Instagram pribadi saya (@sindyelf) dan sudah saya masukkan ke dalam highlight. Silakan, boleh dikunjungi hehe. Too much information but, saya juga mengunggah video ment Giljun, dancer Super Junior, dan mendapat repost! Rasanya lengkap sudah saya merasa bahagia :D

Selesai konser, saya mengambil beberapa foto dan mengembalikan lighstick yang saya pinjam kepada kakak baik yang tadi. Lalu saya segera keluar untuk mencari kakak baik yang kemarin membelikan saya tiket konser ini (kakaknya tuh tidak menonton, jadi perlu janjian untuk bertemu). Sebenarnya kami berjanji untuk bertemu sebelum konser, tapi tenyata waktunya sempit dan akhirnya memutuskan untuk bertemu setelah konser. Jujur, tidak sabar bertemu dengan kakak yang belum lama saya kenal itu. Namun, bisa dibayangkan bagaimana sulitnya mencari orang yang bahkan belum pernah bertemu sebelumnya di tengah kerumunan banyak orang sepulang konser. Kami berkali-kali saling telpon memastikan posisi ada dimana. Lucu juga kalau ingat hehe. Akhirnya ketemu dan ternyata kakaknya ada di belakang saya hehe. Langsung tidak menunggu lama kami bersalaman dan mengobrol seru. Kakaknya sekali lagi sangat baik membawakan saya minuman yang bisa saya minum setelah kehausan di dalam venue banyak berteriak wkwk. Memang terbaik kakak yang satu itu! Lalu kami mengambil banyak foto dan bahkan video. Entah mengapa sama sekali saya tidak merasa canggung dengan kakaknya. Langsung akrab aja rasanya. Tidak tahu sih bagaimana dengan si kakak hehe. Forever grateful to meet her!

Kebaikan si kakak tidak sampai disitu, sebelum kami berpisah pun kakaknya sempat memberikan satu kantong plastik berisi makanan dan salad buah. Huhu... menangis baik sekali kakaknya!!!
Ok, akhirnya kami pun berpisah dan saya berjalan kembali menuju tempat parkir bus. Oh ya, saya juga berkesempatan bertemu dengan dua orang kakak ELF juga yang sudah saya kenal sejak lama. Sejak saya SMP dan bahkan memang sampai sekarang masih sering bertukar kabar. Akhirnya setelah bertahun-tahun bisa bertemu secara langsung. Ahhh! I really feel like the happiest person on the earth on that day. Lanjut, akhirnya saya dan teman saya segera berlari menuju tempat parkir bus karena memang sudah ditunggu lama hehehe kami hampir menjadi orang terakhir yang masuk bus. Maafkan saya :")

Selesai. Perjalanan pulang pun dimulai. Setelah konser langsung banget pulang kembali ke Jogja.
Kalau ditanya apakah capek perjalanan PP begitu? Oh tentu capek, tapi ya gimana lebih banyak senangnya jadi capek tidak lagi terasa.

Terima kasih semuanya!
Thank you for the memories!