Review Film 'A Boy and Sungreen / 보희와 녹양 (2019)'

"꼭 뭘 해야 돼요?"
"Haruskah melakukannya untuk sesuatu?"


Film berjudul 'A Boy and Sungreen' atau dalam bahasa Korea '보희와 녹양 (Boheewa Nokyang)' adalah film garapan sutradara Ahn Ju-young yang tayang perdana di publik pada bulan Mei tahun 2019. Bercerita tentang dua orang siswa SMP yang lahir di hari yang sama, tetapi memiliki karakter yang berbeda. Meskipun begitu keduanya bersahabat baik dan selalu melakukan semua hal bersama. Kedua siswa itu adalah Bohee yang diperankan oleh Ahn Jiho (2004) dan Nokyang yang diperankan oleh Kim Jooah (2004).

Bohee adalah seorang anak laki-laki yang berkarakter lembut, sedangkan Nokyang adalah seorang anak perempuan yang berkarakter pemberani dan blak-blakan. Bohee tinggal berdua hanya bersama ibunya, sedangkan Nokyang tinggal bersama nenek dan ayahnya. Suatu hari, Bohee mendengar kabar bahwa sebenarnya ayahnya belum meninggal dan ibunya berbohong kepadanya. Untuk mencari tahu kebenarannya, Bohee pun mengajak Nokyang untuk mencari ayahnya.



Secara keseluruhan film ini menceritakan tentang perjalanan Bohee mencari ayahnya. Dalam perjalanan itu, ia banyak bertemu orang baru dan banyak mendengar cerita. Banyak orang yang bertanya mengapa mereka perlu mencari ayah Bohee, apa yang akan dilakukan jika sudah bertemu dengannya. Menjawab pertanyaan itu, Nokyang berkata, "Haruskah melakukannya untuk sesuatu? Kami mencarinya karena kami ingin mencarinya." 

Menurut saya, itu adalah salah satu pesan yang ingin disampaikan dalam film ini. Tidak semuanya perlu alasan untuk dilakukan. Bisa saja kita melakukannya dan dalam perjalannya baru kita akan menemukan alasannya. Hal yang penting adalah memulainya, maka kita akan bergerak maju, daripada hanya diam menunggu dan mencari alasan yang tepat terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu.

Selain itu, film ini juga seakan berkata bahwa memang ada hal-hal yang tidak perlu diketahui atau dimiliki. Kita hanya perlu menerimanya dan bahagia dengan apa yang sudah ada, tidak perlu mencari lebih. Pesan ini saya tangkap dari ending yang disuguhkan dalam film ini. Saya cukup kaget melihat endingnya, sama sekali tidak ada di bayangan saya sebelumnya. Namun, di akhir cerita, setelah Bohee menemukan semuanya ia akhirnya bisa menerima dan lebih menghargai hal-hal yang ada di sekitarnya. Termasuk ibunya dan Nokyang. Jadi, menurut saya film ini diakhiri dengan ending yang cukup pas.


Watch the trailer with Engsub here.
Watch the film (full/raw) here.

---

Salah satu scenes yang saya suka adalah saat di bagian akhir, Nokyang memberi hadiah ulang tahun kepada Bohee sebuah video yang berisi kesan dan harapan untuk Bohee dari banyak orang yang ada di sekitarnya. Nokyang memang suka merekam video dan ia pun merekam semua perjalanannya bersama Bohee saat ia mencari ayahnya. Saat ditanya untuk apa ia merekam semua itu, sama seperti jawaban Nokyang saat ditanya mengapa mereka mencari ayah Bohee, yakni ia melakukannya karena ia ingin. Di awal saya juga ikut penasaran mengapa Nokyang merekam itu semua, tetapi setelah melihat di akhir ternyata ia memberikan video itu untuk Bohee. Hmmm... ok. Itulah mengapa saya suka bagian ini hehe.

Nilai untuk film ini 8/10. Bagus, lumayan ringin untuk ditonton saat waktu luang. Tidak begitu banyak kejutan kecuali di endingnya wkwk jadi ya bisa ditonton saat santai. Akting dua tokoh utama, Ahn Jiho dan Kim Jooah juga sangat bagus. Good job untuk dua aktor muda ini!^^


---

Connect with me
- Twitter @autumnxpearl
- Instagram @sindyelf

Komentar

  1. I just want to say, your reviews are good and also thank you for the translations^^
    Good luck for your study
    파이팅

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film 'Bleak Night / 파수꾼 (2011)'

[ENG] ‘Voice 3’ Kim Wooseok “I was shocked too about Lee Jinwook death, Season 4? I will join definitely” [EN: Kim Wooseok Interview]

bluerosee99: Translations Archive